Tips Komputer

Tips Mengatasi Komputer mengalami restart sendiri

Tips Mengatasi Komputer mengalami restart sendiri. Pasti anda akan merasa jengkel apabila saat kerja di Personal Komputer tiba tiba komputer mengalami restart sendiri dan hasil kerjaan jadi hilang..
Jengkel marah dan emosi pasti berkecamuk dalam diri kita kan hehehe. Nah kali ini kita akan memberikan informasi tips komputer tentang bagaimana mengatasi komputer yang tiba-tiba restart sendiri.

Personal computer atau PC terdiri software dan hardware, jadi dapat dipastikan jika komputer mengalami restart otomatis saat kita sedang gunakan, eror berasal dari bagian hardware atau sofware.
Untuk penyebab komputer mengalami restart memang banyak sekali. Nah berikut kita akan bahas bagaimana untuk mengatasi hal tersebut.

Bersihkan RAM
Langkah pertama yang mungkin perlu kita lakukan saat komputer tiba-tiba shutdown sendiri adalah dengan melakukan pengecekan memori komputer atau RAM.
Caranya adalah dengan melepas cashing komputer, kemudian cek pada bagian slot Memori. Lepas memori dan bersihkan terlebih dahulu dengan cara mengelap dengan menggunakan kapas kering.
setelah itu coba pasang kembali RAM pada tempatnya, nah bila cara ini berhasil, berarti eror ada pada RAM yang kurang kokok saat dipasang di slot Memori.

Bersihkan Procesor dan board dalam pc

Langkah selanjutnya untuk membuat komputer bisa berjalan normal dan tidak mengalami gangguan hang atau restart sendiri adalah dengan membersihkan kipas pada procesor dan juga membersihkan board dari debu yang menempel. Biasanya, dengan membersihkan board dan juga kipas prosesor akan membuat komputer dapat cepat running dan tidak mengalami restart komputer.

Pasang antivirus untuk membersihkan Virus yang Menyerang

Sedangkan apabila dari hardware sudah benar dan masih tetap mengalami restart terus menerus, maka yang harus dilakukan adalah pengecekan dengan menggunakan cek bagian sofware.

Lakukan instalasi antivirus terbaru, akan lebih bagus jika antivirus tresebut berbayar, namun tidak masalah juga jika menggunakan free antivirus. Setelah install antivirus, kemudian melakukan pengecekan software secara menyeluruh dengan melakukan scanning antivirus.

Biasanya antivirus akan mengecek semua aplikasi yang ada di komputer, dan akan terdeteksi virus apa yang menyebabkan aplikasi menjadi lebih lambat dan Memori (RAM) menjadi terbebani. Setelah melakukan pengecekan software dengan antivirus, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan clean file yang tidak diperlukan.

Dengan langkah -langkah tersebut diatas, diharapkan komputer akan kembali running dengan lancar dan tidak ada lagi restart komputer.  Nah langkah langkah dan tips mengatasi komputer yang sering restart sendiri diatas adalah hasil dari praktek langsung yang sudah dialami oleh penulis. Semoga cara tersebut dapat membantu rekan rekan yang mengalami hal serupa, yakni komputer mengalami restart sendiri saat digunakan untuk bekerja atau untuk online. Intinya, komputer akan mengalami gangguan apabila ada hardware maupun softwarenya yang mengalami eror atau gangguan.

You may also like...

Leave a Reply