Web Hosting

Tutorial Migrasi Word Press Website

Untuk melakukan migrasi website setidaknya satu atau dua minggu sebelum akun kedaluwarsa di tempat sebelumnya kita sudah melakukan sewa hosting ditempat yang lain. Hal ini dilakukan, sehingga ada cukup waktu untuk: 1) proses pendaftaran di tempat baruĀ  2) penyesuaian skrip / aplikasi web dengan lingkungan server baru; 3) Rotasi NS.

Namun jika waktunya mepet, sebaiknya anda melakukan sewa perpanjangan, Anda mungkin ingin memperpanjang periode hosting Anda di tempat yang lama setidaknya selama 1 bulan, hal ini untuk menghindari terjadinya down terhadap website anda.

Langkah yang pertama, Anda harus memperhatikan periode validitas domain yang anda miliki. Domain seharusnya tidak kedaluwarsa atau mendekati kedaluwarsa, jadi selain hosting, kita harus juga memperhatikan waktu sewa domain, jaga jangan sampai mengalami kedaluwarsa.


Daftarkan Di hostingĀ  di tempat baru
Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan di sini termasuk: Anda memilih paket besar yang sesuai dengan kapasitas situs web Anda. Selain ukuran file HTML dan gambar itu sendiri, Anda juga perlu menghitung ukuran kotak email, database, dan file log. Ada beberapa tempat hosting yang menghitung file log (yang bisa cukup besar) dalam kuota, sehingga bisa terjadi bahwa ketika Anda pindah ke tempat akomodasi baru file tidak cocok meskipun Ukuran paket / kuota sama.

Unggah/upload data base dan wpadmin folder
Langkah selanjutnya, setelah memiliki akses ke akun di tempat baru, adalah mengunggah situs web Anda atau memindahkan konten situs web Anda dari tempat lama ke tempat baru. Kemudian, create wordpres baru dihostong baru anda. Secara umum, situs hosting baru akan memberikan URL sementara yang dapat Anda gunakan untuk melihat situs web Anda tanpa harus menggunakan alamat asli. Beberapa hal yang harus disesuaikan atau dipertimbangkan termasuk: rute yang berbeda antara server lama dan baru, perbedaan dalam versi perangkat lunak seperti Perl dan PHP, dan lain sebagainya. Copy database dan wp admin folder pada web hosting yang baru saja diinsta.

Atau cara lain, kita bisa menggunakan plugin untuk melakukan migrasi website dari hosting satu kehosting yang lain. Banyak plugin untuk melakukan migrasi, salah satu contohnya adalah all in one wp migration. Caranya cukup mudah, anda tinggal pasang plugin tersebut di wp hosting lama, lalu install dan lakukan backup file dari hosting lama tersebut.

Setelah selesai, anda bisa langsung melakukan migrasi dengan tools tersebut dengan menggunakan blog yang baru.

Atau bisa juga merupakan metode alternatif transfer hosting (migrasi situs web) ke server baru dengan transfer FTP antara cPanel, ini akan lebih mudah dan lebih cepat, terutama jika dilakukan dari satu server ke server lain di mana lokasinya masih merupakan sama di suatu negara atau wilayah. Misalnya, dari server Indonesia yang pindah ke server yang lokasinya masih di Indonesia atau dari Amerika Serikat ke Amerika Serikat.

Langkah 4: Pergantian NameServer dari pihak hosting

Langkah ini diambil terakhir kali setelah semua yang ada di tempat baru siap. Secara umum, ini dilakukan sendiri (atau Anda juga dapat meminta bantuan dengan tempat akomodasi sebelumnya). Dan yang harus dipahami adalah proses ini membutuhkan waktu hingga 48 jam atau kurang lebih 1-2 hari.

You may also like...