Mengatasi laptop Lemot dan mengetahui Penyebabnya

Untuk mengatasi laptop lemot, tentunya kita harus mengenali sumber masalahnya terlebih dahulu. Bayangkan saja kita bisa menggunakan laptop saat ini, baik didalam maupun diluar ruangan. Namun, masalahnya adalah seringnya laptop menjadi lelet dan lemot.  Saat ini penggunaan laptop sudah sangat banyak untuk berbagai kalangan. Dimana laptop dinilai praktis dan mudah untuk digunakan.

Beragam Penyebab Laptop Lemot

Membuat pusing

Jika kita sudah mengenali apa saja penyebab yang mungkin menyebabkan laptop menjadi lemot. Pasti kita bisa menyembuhkan dan meminimalisir kemungkinan masalah ini terjadi lagi kedepannya. Untuk itu, berikut beberapa penyebab laptop lemot yang mungkin terjadi, yaitu:

  • Coba cek apa saja aplikasi atau software di laptop yang sedang kamu gunakan atau sedang berjalan di backgorund secara otomatis. Hal ini akan menghambat performa laptop dan membuat laptop menjadi mudah lemot.
  • Harddisk sebuah laptop juga harus di cek. Dimana usia yang telalu tua akan menyebabkan proses loading laptop menjadi lebih lamban dan lemot. Usahakan untuk menggunakan harddisk yang merupakan tipe keluaran terbaru.
  • Coba juga untuk mengecek apakah kapasitas harddisk sudah penuh? Jika sudah hampir penuh maka ini akan memperlambat performa laptop hingga menjangkau 50% daya loadingnya.
  • Lakukan pengecekan terhadap kapasitas RAM yang tersedia. Laptop yang bisa bekerja dengan baik setidaknya dilengkapi dengan RAM sebesar 2 hingga 6 GB.
  • Jika menggunakan software terlalu banyak dalam kurun waktu yang bersamaan apalagi jika software tersebut tergolong besar dan berat. Hal ini juga akan membuat kinerja RAM menjadi terganggu.
  • Penggunaan add-ons yang terlalu banyak pada jenis browser yang kita gunakan di dalam laptop tersebut. Misalnya saja add-ons untuk pemblokiran iklan maupun untuk download.
  • Ketika menggunakan browser dan berselancar ria di internet, kita terlalu banyak membuka tab pada bowser tersebut. Ini juga meningkatkan resiko pada masalah kinerja laptop yang melambat.
  • Adanya serangan atau infeksi virus berbahaya untuk menurunkan kinerja laptop. Bahkan, virus yang menjangkit laptop ini tidak sering juga membuat laptop menjadi rusak hingga mati total.
  • Software antivirus yang kinerjanya sangat aktif dan terlalu over protektif. Memang, menggunakan anti virus sangat dianjurkan dan baik bagi laptop, namun jika berlebihan juga menimbulkan masalah.
  • Sistem operasi laptop yang sangat jarang diupdate dan menggunakan OS yang sangat lama. Sehingga membuat laptop menjadi lelet dan lemot.

laptop lemot 2.PNG

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Berikut beberapa cara agar laptop tidak lemot yang sangat ampuh untuk dicoba, yaitu:

1. Mengatasi Laptop lemot dengan Membersihkan Aplikasi

Salah satu cara mengatasi laptop lemot adalah untuk menentukan aplikasi mana saja yang harus di hapus dan mana aplikasi penting yang bisa di simpan. Jika kita menemukan salah satu aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah lelet pada laptop ini, maka jalan terbaik adalah menghapusnya. Karena, terlalu banyak aplikasi akan tersimpan di data C, dan ini akan berujung pada penurunan kinerja laptop.

2. Mengatasi Laptop lemot dengan Menggunakan Antivirus

Adanya serangan virus berbahaya bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi menurun, atau bahkan menyebabkan kerusakan parah pada laptop tersebut. Untuk itu, diperlukan sebuah aplikasi antivirus terbaik yang bisa memberikan perlindungan terhadap serangan malware pengganggu.

3. Aplikasi Peningkat Performa Laptop

Tentu saja spesifikasi dari sebuah laptop harus di ketahui oleh setiap pemiliknya. Hal ini mencegah masalah laptop lemot yang mungkin saja terjadi akibat aplikasi yang ada didalam laptop tidak sesuai dengan spesifikasinya. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kinerja laptop adalah menggunakan aplikasi yang bisa mengembalikan kinerjanya tersebut.

4. Mengatur Penggunaan Aplikasi

Seperti yang kita cantumkan pada ulasan penyebab laptop lemot diatas, salah satunya adalah pemaksaan dari kinerja RAM. Aplikasi yang dibuka secara bersamaan atau berjalan di background akan menggunakan penyimpanan RAM ini. jadi, jika memang kapasitas RAM lebih kecil, pandai-pandailah dalam menggunakan aplikasi tersebut.

laptop lemot 4.PNG

5.Mengatasi Laptop lemot dengan Membersihkan Desktop

Desktop yang dipenuhi dengan shortcut beragam aplikasi juga tidak baik untuk kecepatan loadingnya. Untuk itu, sematkan saja beberapa aplikasi penting di bagian desktop ini. hapus yang dirasa tidak terlalu penting. Ini akan mempercepat kembali kinerja laptop.

6. Menambah Kapasitas RAM

RAM adalah penyimpanan sementara dari penggunaan aplikasi yang sedang berjalan di sebuah laptop. Agar laptop tidak selalu lelet dan lemot, maka sebaiknya gunakan kapasitas RAM yang lebih besar. Penggunaan Ram minimal 6 GB akan mempermudah kinerja laptop dan bisa menjalankan beragam aplikasi secara mulus.

7. Mengatasi Laptop lemot dengan Pembersihan Drive C

Pembersihan dari driver C ini juga perlu dilakukan secara berkala. Alasannya? Faktor penggunaan laptop yang sudah terlalu lama dan file sampah yang telah banyak menumpuk pada drive C tersebut akan memperlambat kinerja laptop. Hal ini juga berhubungan dengan pembersihan beragam aplikasi yang tidak pernah digunakan lagi dan memberatkan untuk laptop tersebut.

laptop lemot

8. Mengatasi Laptop lemot dengan Instal Ulang Windows

Software di dalam laptop juga akan terpengaruh oleh usia pemakaian dari laptop tersebut. Sehingga, di perlukan adanya pembaharuan jika ingin mendapatkan kinerja yang baik agar laptop tidak menjadi lemot. Inilah mengapa disarankan untuk menginstal ulang windows atau OS laptop secara berkala.

9. Mengatasi Laptop lemot dengan Menggunakan Cooling Pad

Siapa sangka suhu laptop yang terlalu panas akibat bekerja terlalu keras, membuka aplikasi yang terlalu berat atau diletakkan dipermukaan yang tidak baik menyebabkan kinerja buruk dan laptop menjadi lemot. Hal ini seringkali menjadi permasalahan yang diabaikan. Untuk itu, usahakan agar bisa menggunakan peralatan cooling pad atau kipas pendingin selama menggunakan laptop. Ini juga akan mencegah masalah laptop menjadi lemot hanya karena suhu yang terlalu tinggi.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi laptop lemot yang ampuh untuk di coba. Semua cara-cara diatas tentunya akan mengatasi permasalahan yang menyebabkan laptop menjadi lemot atau lambat tersebut. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.