Jaringan Komputer

jaringan komputer.PNG

Dengan perkembangan zaman yang kian pesat, pasti ada banyak istilah-istilah yang masih asing ditelinga kita. Misalnya saja semua istilah yang terdapat di dalam jaringan komputer, apakah kita sudah mengetahui semuanya? Atau, apakah kita sudah mengetahui apa itu jaringan komputer? Jika belum, berikut pembahasannya.

Mengenal Pengertian Jaringan Komputer

Sesuai dengan namanya, jaringan ini adalah kata yang menggambarkan sebuah hubungan atau koneksi. Jadi, jaringan komputer ini sendiri dinyatakan sebagai sebuah sistem yang nantinya akan menghubungkan 2 komputer. Kedua komputer ini akan mudah terkoneksi untuk bisa dihubungkan baik melalui media transmisi dan media komunikasi. Hubungan ini nantinya akan memudahkan untuk mengirim data, hardware dan juga aplikasi.

Tentu saja hubungan atau koneksi ini tidak hanya ditujukan untuk 2 komputer saja. Bahkan, kita bisa menggunakannya untuk menghubungkan lebih banyak komputer. Tujuannya hanya untuk bisa mengkoneksikan dan melakukan pemindahan data lebih cepat. Dimana komputer induk yang bertindak sebagai host bisa menyalurkan kebutuhan apapun ke komputer penerima. Hubungan ini akan di permudah oleh sistem transmitter dan meminimalisir tingkat kesalahan pengiriman yang mungkin saja terjadi.

jaringan komputer 2.PNG

Fungsi Jaringan Komputer

Sistem jaringan komputer ini memiliki fungsi yang berguna bagi perorangan maupun kelompok seperti perusahaan. Dimana sistem jaringan ini nantinya bisa memproteksi data-data penting agar tidak mudah hilang begitu saja. Hal ini juga menjadi salah satu solusi terbaik untuk memudahkan komunikasi dan pengiriman beragam informasi penting. Secara umum, fungsi dari jaringan komputer ini adalah:

  • Agar bisa menambah kemudahan dan mempercepat proses transfer data penting yang diperlukan. Dengan menggunakan sistem yang satu ini, maka masalah transfer data jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan beberapa sistem lainnya.
  • Menjaga keamanan semua informasi penting agar tidak mudah hilang ataupun dicuri. Hal ini terkait adanya batasan akses yang tidak bisa di gunakan oleh sembarangan orang.
  • Kegiatan akan menjadi jauh lebih mudah dan efektif karena sistem ini bisa menjangkau dan menghubungkan 2 atau lebih komputer sekaligus.

jaringan komputer 3.PNG

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis-jenis jaringan komputer ini bisa dibagi lagi menjadi 2 bagian yakni berdasarkan area dan berdasarkan fungsinya. Untuk lebih mudahnya, berikut pembagian dari jenis-jenis tersebut.

Berdasarkan Area

Jika kita melihat pembagian jenis berdasarkan area, maka akan terbagi lagi menjadi 3 bagian. Area ini mendefinisikan luasnya jangkauan (area) yang bisa dicangkup oleh jaringan tersebut. Untuk itu, ketiga jenis jaringan berdasarkan area ini adalah:

  • LAN : Local Area Network, ini merupakan jenis dengan sisitem jangkauan daerah yang paling kecil atau sempit. Biasanya jaringan ini akan digunakan didalam rumah, gedung dan perkantoran.
  • MAN : Metropolitan Area Network, jika digambarkan secara umum, MAN ini nantinya akan menghubungkan beberapa LAN. Tentunya jenis jaringan yang satu ini bisa digunakan dalam satu provinsi atau cangkupan wilayah yang lebih luas.
  • WAN : Wide Area Network, ini merupakan jenis cangkupan wilayah terakhir yang memang sangat luas. WAN ini bahkan bisa dihubungkan antar negara tentunya.

jaringan komputer 4.PNG

Berdasarkan Fungsi

Jenis-jenis ini juga bisa dibedakan jika kita menilik masalah fungsinya. Berbeda dengan pembagian berdasarkan area, pembagian berdasarkan fungsi ini hanya dibedakan menjadi 2 saja, yaitu:

  • Client Server : Sesuai dengan namanya, jenis jaringan yang satu ini di jadikan sebagai sebuah server. Yang mana akan digunakan oleh satu komputer saja. Namun, juga bisa digunakan oleh komputer lain tapi tetap dengan server yang sama.
  • Peer-To-Peer : Ini merupakan sistem jaringan yang lebih bagus jika di bandingkan dengan client server. Dimana beberapa komputer yang bertindak sebagai host bisa memiliki akses penuh untuk beragam file sekaligus.

jaringan komputer 5.PNG

Pembagian Perangkat Jaringan Komputer

Setelah sebelumnya kita mengetahui apa saja pengertian, fungsi dan jenis-jenisnya, kali ini kita akan mengetahui tentang perangkat jaringan komputer, yaitu:

1. Router

Perangkat jaringan komputer yang satu ini memiliki fungsi sebagai penghubung untuk dua tau lebih banyak jaringan. Sehingga, kita bisa menikmati koneksi hubungan antara satu jaringan ke jaringan lainnya.

2. Wireless Card

Fungsi perangkat yang satu ini adalah sebagai penghubung untuk dua perangkat tanpa menggunakan kabel data alias menggunakan teknologi nirkabel. Kita bisa menghubungkan satu komputer ke komputer lain tanpa harus menggunakan kabel, tapi menggunakan layanan wifi saja.

3. LAN Card

Ini merupakan perangkat yang biasanya digunakan jika satu sistem menggunakan jenis jaringan LAN. Penghubungan komputer ke komputer lainnya menggunakan perangkat ini mengharuskan penggunaan kabel.

4. Modem

Tidak jauh berbeda dengan wifi, modem juga bisa menghubungkan device menggunakan jaringan internet. Namun, area jangkauan modem tentunya lebih terbatas.

5. Bridge

Perangkat ini memiliki fungsi untuk membuat segmen dan memperluas jangkauan jaringan.

6. HUB

Perangkat ini digunakan agar bisa mengubah beragam transmisi jaringan yang berbeda. Sehingga, dua komputer akan lebih mudah terkoneksi dengan baik.

7. Switch

Switch ini boleh dinyatakan sebagai perangkat lanjutan yang lebih baik jika di bandingkan dengan HUB. Karena fungsi kedua perangkat ini sama. Hanya saja, Switch bisa menyelesaikan collision data, luas jaringan lebih baik dan meningkatkan kecepatan transfer.

8. Kabel Jaringan

Sesuai dengan namanya, perangkat ini memang sebuah kabel yang nantinya digunakan agar bisa menghubungkan dua buah komputer dan memindahkan data yang diperlukan.

9. Repeater

Ini merupakan jenis perangkat jaringan yang bisa digunakan agar jangkauan perangkat yang jauh dari server sebuah wifi bisa terhubung dengan baik. Secara gamblang, perangkat ini digunakan agar sinyal atau jaringan bisa lebih luas jangkauan areanya.

10. Access Point

Perangkat ini digunakan agar bisa mendapatkan sinyal dari host ke client atau sebaliknya. Perangkat ini terdiri dari transceiver dan juga antenna.

Semua perangkat-perangkat diatas akan memudahkan adanya sistem jaringan komputer apapun yang akan kita gunakan. Tentu saja, kita membutuhkan salah satu diantaranya agar bisa mengkoneksikan dua atau lebih komputer secara lebih mudah dan praktis.